FOTO 360 DERAJAT: Puncak Gunung Merapi

KOMPAS.com — Gunung Merapi di Jawa Tengah adalah salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Status gunung saat ini normal setelah sempat dinaikkan karena terjadi beberapa erupsi kecil.

Pendakian ke puncak gunung ini masih berbahaya karena penuh dengan material lepas. Namun demikian, kondisi itu tidak menyurutkan langkah para peneliti atau pendaki umum untuk menapaki bebatuan lava dan menginjakkan kaki di puncak lalu melihat pemandangan kawah.

Pendakian umumnya melalui sisi utara gunung yaitu dari jalur Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pendakian dimulai dari Pos New Selo di ketinggian sekitar 1.782 meter di atas permukaan laut.


Merapi Volcano in Indonesia

Merapi tidak sekadar punya nama besar dari letusannya. Keindahan alamnya juga memesona banyak orang. Aneka vegetasi bertipe hutan pegunungan atas dan subalpin menambah kecantikan Merapi.

Namun, Merapi yang kini telah menjadi taman nasional ini tidak luput dari aksi vandalisme. Di banyak titik di jalur pendakian hingga ke puncak terlihat coretan dan tulisan liar di batuan beku vulkanik. Sampah juga terlihat di beberapa tempat terutama di pos dan area datar yang biasa dijadikan kamp para pendaki. FIA

Creative Commons License
Foto di blog ini Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

0 comments:

Post a Comment

 

Kicau Kacau

Semilir

Saung maya yang berisi repihan. Isinya segala tentang embusan angin, mulai dari angin duduk, angin lalu, angin semu, angin haluan, angin pegunungan, atau sekadar angin-anginan.

Dalam jeda perlawanan, selalu kembali ke keheningan, kegelapan rimba hutan dan bebatuan di ketinggian...

Creative Commons License
Karya di blog ini berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.